blog_ku

Annyeong haseyo
terima kasih udah berkenan mengunjungi blog saya
semoga bermanfaat dan menghibur :)

Senin, 09 Juli 2012

Radiologi Abdomen dan Urogenital

1. Foto Abdomen
Suatu foto abdomen jarang dapat membantu dalam diagnosa nyeri abdomen yang kronis kecuali bila terdapat indikasi klinis khusus tentang penyebabnya. Foto polos abdomen tidak membantu menegakkan diagnosa kehamilan ektopik yang ruptur dan juga tidak bisa mengesampingkan adanya apendisitis akut.
Oleh karena itu foto abdomen diperuntukkan bagi penderita-penderita yang klinis amat mencurigakan misalnya obstruksi usus, perforasi ulcus duodeni/gaster/usus, nyeri renal atau bilier dengan kolik yang khas, benda asing, pada bayi barulahir dengan meconium.
Kelainan radiologis yang didapat haruslah dikorelasikan dengan riwayat penyakit dan pemeriksaan klinis. Bila penderita nampaknya menderita akut abdomen dan terdapat kesulitan untuk mendapatkan kelainan klinis yang khas, bisa dipertimbangkan adanya suatu obstruksi. Walaupun demikian, bila penderita amat sakit, kesan klinislah yang menentukan pengobatan meskipun hasil foto tidaklah diagnostik.
Ileus Paralitik (Adinamik)
Usus tidak berfungsi tetapi tidak ada obstruksi mekanis. Diferensiasi klinis dan radiologis antara obstruksi intestinal dan ileus paralitik bisa sangat sulit. Penting sekali korelasi antara kelainan klinis dan radiologis. Bila dicurigai ada ileus paralitik, perlu dibuat foto abdomen berbaring dan berdiri/lateral dekubitus.
Pada penderita dengan ileus paralitik terdapat distensi baik pada usus halus maupun usus besar. Terdapat gas di dalam rektum dan colon bagian bawah. Gaster juga distensi (pada foto berdiri akan terlihat beberapa fluid-level di dalam usus halus dan usus besar. Tidak mungkin obstruksi mekanis menyebabkan dilatasi gaster dan rektum sekaligus.
Penyebab ileus paralitik yang sering adalah iritasi peritoneal (peritonitis), ileus pasca bedah, setelah trauma abdomen, gangguan elektrolit, kolik renal (nyeri abdomen yang berat), dan metastase peritoneal yang difus serta karena obat-obatan.
Obstruksi usus halus
(posisi telentang)

 
* (posisi berdiri) Gambaran obstruksi usus halus yang khas pada posisi berdiri terlihat beberapa fluid level.




* Setelah trauma, suatu bagian usus halus yang dilatasi bisa merupakan petunjuk akan adanya perdarahan retroperitoneal atau intramural.


* Obstruksi usus halus bagian tengan pada posisi berbaring. Ini merupakan gambaran khas usus halus yang dilatasi bila penderita dalam posisi berbaring.


* Obstruksi usus halus bagian bawah pada posisi berbaring. Terlihat sebagian ileum yang mengalami dilatasi pada kuadran kanan bawah, terlihat pula ileum bagian atas dan tengah pada kuadran kiri atas. Dalam beberapa jam usus bisa terisi dengan cairan dan gambaran khas seperti di atas akan menghilang.


*Bila penderita tidak bisa berdiri, buatlah foto lateral dengan penderita berbaring. Di sini terlihat usus halus yang dilatasi dengan fluid level yang multipel.


* Obstruksi pada ileum bagian bawah karena batu empedu yang menyumbat valvula ileocaecal (gallstone ileus), tetapi sebenarnya adalah suatu obstruksi. Pada foto ini colon tidak terlihat.
* Obstruksi usus besar
Obstruksi usus besar secara klinis bisa amat tersembunyi dan membahayakan. Penderita mengeluh konstipasi dan rasa tidak enak dan kadang-kadang diare. Kemudian timbul distensi dan mungkin muntah-muntah.
* Volvolus pada colon sigmoid. Colon sigmoid yang dilatasi amat besar ini karena adanya volvolus. Usus amat teregang sehingga pola haustra yang normal menghilang. Volvolus colon sigmoid merupakan jenis obstruksi usus besar yang sering ditemui, bagian yang teregang naik dan keluar dari pelvis, sering dengan suatu striktur, yang terlihat dan akhirnya seluruh colon dilatasi.


* Obstruksi sigmoid yang awal. Pada stadium ini, colon transversum tetap normal, tidak terdapat gas di dalam pelvis di bawah obstruksi.


Pada penderita ini terdapat obstruksi pada bagian tengah colon descendens. Flexura lienalis dan colon transversum amat dilatasi oleh gas dan feses. Distensi ini meluas sampai ke caecum. Pelvis praktis kosong kecuali terisi sedikit feses. Jenis obstruksi ini biasanya karena karsinoma colon atau amoeboma.
Obstruksi usus halus pada anak-anak dan kadang pada orang dewasa, disebabkan oleh cacing gelang Ascaris. Hal ini terutama terjadi setelah pengobatan untuk membunuh cacing. Pada X-foto cacing ini dapat terlihat sebagai suatu massa kusut dengan gas disekitarnya.
* Benda asing
* tampak IUD yang terdapat di luar uterus dan berada di dalam rongga peritoneum. IUD ini merupakan benda asing.
2. Urogenital
* Ginjal yang besar
** Semua calyces dilatasi.


** Hydronephrosis, calyces dan pelvis renalis amat melebar, dan ureter juga dilatasi.



** Pembesaran ginjal yang lokal karena kista ( sebelah kanan).



** Ginjal kanan tidak ada dan ginjal kiri hiperplasi.


* Ginjal yang kecil
** Ginjal kanan yang kecil karena infeksi berulang yang berat.


** Ginjal kanan yang kecil mengkerut ini karena pyelonephritis kronis. Terdapat hydronephrosis dan hydroureter kiri (melebar).



** Hydroureterbilateral yang berat. Ureter dilatasi karena adanya obstruksi pada bladder outlet. Penyebabnya pada anak-anak biasanya karena katup urethra, phimosis atau reflux. Dan pada orang dewasa biasanya disebabkan oleh pembesaran prostat atau schistomiasis.




** Ureter yang berpindah tempat. Kedua ureter terdorong ke arah medial, bisa terjadi karena tumor ovarium pada wanita, limfoma Burkitt pada anak-anak, fibroid, perdarahan, tumor retroperitoneal.



** Batu buli-buli yang besar menyebabkan bayangan negatif pada buli-buli yang terisi kontras.



** Batu prostat, di sini terlihat di belakang atau di bawah simfisis pubis dan tidak mempunyai arti klinis. Batu-batu prostat tersebut tidak menunjukkan adanya hiperplasu prostat maupun prostatitis.




** Urethra dengan striktur multipel, urethra ini mempunyai beberapa striktur, yang paling parah terdapat pada daerah perineal. Terdapat pengisian kontras ke dalam vena dorsalis penis, terlihat bila urethrografi dilakukan setelah kateterisasi atau cystoscopy.

1 komentar:

  1. Goji Berries... yes... I tried those too.for my health conditions, Those sweet, red berries seemed to help, but only during the time when I consumed them. I don't want to take a drug for the rest of my life, so why would I want to take a natural supplement everyday for the rest of my life (although Goji berries are very tasty and are highly nourishing). To me this was not a cure either (and I'm LOOKING for the CURE).
    Up to that point, I hadn't found a cure.  I felt like a young jumbled mess. I continued to have extreme pain, but continued on my path to healing. I started to focus on myself and not everyone else. When I was a young adult, I took on too much responsibility out of a sense of obligation. This was no longer healthy for me, so I resigned from all my projects and groups. Those days to come were the best [and worst] days. I took a lot of time off work, yet begun to feel so extremely exhausted. Many health professionals "diagnosed" me with adrenal fatigue & Hiv,Prostate Cancer so my situation was annoying then I keep searching for permanent cure online that's when I came to know of Dr Itua herbal center hands whom god has blessed with ancestral herbs and a gift to heal people with disease like .Cancers,Alzheimer's disease,HPV,Men & Women Infertility,Melanoma, Mesothelioma, Diabetes, Multiple myeloma, Parkinson's disease,Neuroendocrine tumors,Herpes, Hiv/Aids,Non-Hodgkin's lymphoma,, chronic diarrhea, COPD,Love spell, Hepatitis... So I made a purchase of his herbal medicines and I have been watching my health for 6 years now and I actually confirmed that his herbal medicines are a permanent cure and I'm so happy that I came to know of his herbal healings.You can contact Dr Itua herbal center Email: drituaherbalcenter@gmail.com  WhatsApp: +2348149277967.  if you went through exactly what I go through in terms of health conditions because really honest there is more to learn about natural herbs than medical drugs.

    BalasHapus