blog_ku

Annyeong haseyo
terima kasih udah berkenan mengunjungi blog saya
semoga bermanfaat dan menghibur :)

Senin, 16 Juli 2012

menu lunch hari ini :)

yihaaa... pemirsa.. menu lunch hari ini adalah goreng ikan+kecap cabe rawit, sup jagung dan sambal terasi. Sambal terasi ini luar biasa pedasnya..
Cara membuat sambal terasinya praktis teman,, pertama-tama cabe dan tomat kita rebus sebentar saja, lalu terasinya dibakar hingga wangi. Langkah selanjutnya langsung kita giling. Pertama giling cabenya, lalu tambahkan bawang merah dan putih, setelah agak hancur, masukkan tomat. Lalu tambahkan garam, dan baru kita masukkan terasi dalam gilingan cabe tersebut. Giling hingga hancur semua dan tambahkan gula pasir sedikit. Ini sesuai selera kita saja, bagi yang suka manis, gulanya boleh agak banyak, tapi bagi yang suka pedas dan asin, maka gulanya sedikit saja. Lalu giling terus hingga halus. Kalau resep Mama biasanya ditambah sedikit penyedap Mushroom, pada saat sambalnya halus dan dalam proses finishing. Penyedap Mushroom ini berbeda dengan penyedap yang lainnya yang pada umumnya mengandung MSG. Penyedap Mushroom ini sehat bagi kesehatan kita dan membuat makanan kita jadi sedap dan enak.
Nah, kalau sup jagung ini, bahannya simple dan buatnya juga simple teman. Bahannya yaitu jagung muda yang biasa untuk sayur, kacang arcis, wortel, daun bawang+seledri dan ayam yang disuir, ambil dagingnya saja. Bumbu-bumbunya seperti bumbu sup biasanya digunakan. Kita beri sedikit tepung maizena agar sedikit kental.. dijamin enak teman :)
Dan ini ikan goreng+kecap cabe rawit. Rasanya sangat lezat, kalau bisa dinilai, maka nilainya excellent,, hehe :)
Bahannya berupa ikan laut yang digoreng, dan bumbunya berupa kecap, cabe rawit dan bawang merah+bawang putih. Cabe rawit dan bawang merah+bawang putih diiris kecil. Setelah semuanya halus, maka campurkan dengan kecap, lalu dikacau dan cabe rawitnya ditekan-tekan sedikit agar pedasnya terasa. Jika ingin memakannya, maka kita siram kecap cabe rawit tersebut di atas ikan goreng,, rasanya enak sekali... dahsyat pedasnya...
Selamat mencoba...
Mari kita makan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar